Pages

Jumat, 18 Januari 2013

SMS (Short Message Service)

Definisi SMS

SMS singkatan dari Short Message Service adalah merupakan suatu teknologi yang memungkinkan untuk mengirim dan menerima pesan antar pengguna mobile phone. SMS pertama hadir di Eropa pada tahun 1992. Yang standar awalnya diterapkan dengan menggunakan GSM (Global System for Mobile Communications). Seperti namanya Short Message Service pesan yang dapat dikirim dengan SMS sangat terbatas.

Satu pesan SMS dapat berisi paling banyak 140 bytes (1120 bit) dari data, maka satu pesan SMS dapat berisi sampai 160 karakter, jika 7-bit character encoding digunakan (jika 7-bit character encoding adalah penggunaan karakter latin seperti karakter English) dan 70 characters, jika 16-bit Unicode UCS2 character encoding digunakan pesan teks SMS berisi karakter bukan latin, seperti karakter Cina maka perlu menggunakan 16-bit character encoding.

Pesan teks SMS mendukung berbagai bahasa internasional. Bahasa yang didukung oleh Unicode termasuk bahasa Arab, Cina Jepang dan Korea. Selain teks, pesan SMS dapat membawa data biner yang memungkinkan untuk mengirimkan ringtones, gambar, logo operator, animasi , kartu bisnis (V.Card) dan Wireless Aplication Protocol (WAP).

Definisi SMS Center

SMS center / pusat (SMSC) bertugas untuk melakukan penanganan operasi SMS dari suatu jaringan nirkabel. Ketika suatu pesan SMS dikirim dari mobile phone, maka akan diterima oleh SMS pusat terlebih dahulu kemudian akan diteruskan ke nomor yang dituju.

Tugas pokok dari SMSC adalah untuk mengarahkan pesan SMS dan mengatur prosesnya. Jika penerima tidak tersedia (sebagai contoh ketika handphone dimatikan), SMSC akan menyimpan pesan SMS tersebut dan akan mengirimkan ke nomor tujuan apabila penerima sudah menghidupkan kembali handphone-nya. SMSC bisa dikatakan sebagai gateway atau gerbang pusat untuk menghubungkan antara beberapa pengguna handphone.

Pada umumnya suatu layanan jaringan mempunyai nomor pusat sendiri yang dapat digunakan. Dan layanan nomor pusat ini dapat di atur dalam menu yang tersedia pada handphone, yang secara default sudah diatur oleh operator jaringan kartu SIM itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar