Pages

Rabu, 16 Januari 2013

Konsep Motor Servo DC

Motor servo banyak digunakan sebagai aktuator pada mobile robot atau lengan robot. Motor servo yang umum digunakan adalah Continuous Parallax.  Namun jika ingin servo motor yang berkekuatan besar dan cepat, idealnya menggunakan servo HS-311 (continuos ) dan servo HS-322HD(standar). Adapun jenis-jenis motor servo adalah:

1. Motor Servo Standar 1800

Motor jenis ini hanya mampu bergerak dua arah ( CW dan CCW) dengan defleksi masing – masing sudut mencapai 900 sehingga total defleksi sudut dari kanan – tengah – kiri adalah 1800.

2. Motor Servo Continuous

Motor servo jenis ini mampu bergerak dua arah ( CW dan CCW ) tanpa batasan defleksi sudut putar (dapat diputar secara kontinyu).

Penggunaan motor servo standard 1800 ini cukup sederhana, yaitu dengan memberi pulsa sinyal PWM (Pulsa Width Modulation) dengan frekuensi 50 Hz melalui sebuah pin kontrol untuk membuat motor ini berputar ke arah jarum jam, berlawanan jarum jam, atau bergerak ke posisi tengah. Adapun kondisi yang terdapat pada motor servo standar 1800 adalah:

  1. Pada saat Ton duty cycle 1,5 ms, maka rotor dari motor akan berhenti tepat di tengah-tengah (sudut 00 / netral).
  2. Pada saat Ton duty cycle kurang dari 1,5 ms, maka rotor dari motor akan berputar kearah kanan dengan membentuk sudut yang besarnya linear terhadap besarnya Ton duty cycle, dan akan bertahan pada posisi tersebut.
  3. Pada saat Ton duty cycle lebih dari 1,5 ms, maka rotor dari motor akan berputar kearah kiri dengan membentuk sudut yang besarnya linear terhadap besarnya Ton duty cycle, dan akan bertahan pada posisi tersebut.

clip_image002

clip_image004

clip_image006

1 komentar:

  1. JIka ada perlu diservice servo nya silahkan kontak ane di ... http://amusindo.com/service-servo-drive ... semua repair servo drive atau servo motor dapat kami service dan memberikan garansi pada kerusakan yang sama...
    Terima Kasih Tulisannya Gan... Salam Kenal dari Amusindo :D

    BalasHapus