Pages

Jumat, 18 Januari 2013

Teknik-teknik Pengambilan Citra Digital

Ada beberapa teknik pengambilan citra digital yang bisa dilakukan, antara lain dengan menggunakan kamera digital (atau boleh juga web-cam) atau menggunakan scanner (bisa scanner umum, finger-print scanner, atau bar-code scanner). Hasil dari citra dengan penggunaan teknik kamera atau scanner berupa citra raster (atau citra dengan model matriks). Teknik pengambilan citra selain membutuhkan peralatan input, juga dibutuhkan suatu card yang disebut dengan frame grabber yang berupa rangkaian untuk mengolah citra secara hardware.

Selain itu, pengambilan citra dapat dilakukan dengan menggunakan teknik grafika komputer, yaitu dengan membentuk objek citra komputer sesuai dengan teknik pengambilan citra. Teknik ini banyak digunakan untuk keperluan entertainment seperti pembuatan animasi atau untuk keperluan GIS (Geographical Information System). Hasil dari citra dengan menggunakan teknik grafika ini bisa berupa citra raster atau citra vektor.

Baik citra raster maupun citra vektor mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga untuk memutuskan menggunakan model citra raster atau citra vektor diperlukan pengetahuan yang mendalam mengenai proyek yang sedang dikerjakan. Dalam pembahasan pengolahan citra digital lebih banyak dibahas mengenai model citra raster, baru pada pengolahan yang lebih lanjut, model citra vektor diperlukan.

Berikut ini beberapa contoh citra selain gambar atau foto yang sering dilihat baik dengan scanner atau kamera, yang dibedakan berdasarkan teknik pengambilan sinyalnya.

  1. Gamma Ray Imaging, citra ini biasanya digunakan untuk citra-citra nuklir dan proses nuklir, juga digunakan untuk keperluan astronomi.
  2. X-Ray Imaging, citra ini banyak digunakan untuk keperluan medis, rangkaian elektronik, dan astronomi.
  3. Image Ultraviolet, citra ini banyak digunakan untuk keperluan citra biologi, mikroskopi, lithografi, laser, dan astronomi.
  4. Image Infrared, citra ini banyak digunakan untuk keperluan farmasi mikrobiotik, dan mikro material.
  5. Image Ultrasound, citra ini banyak digunakan untuk keperluan medis seperti USG dan diagnosa thyroid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar